Essay on Colgate

1362 Words 6 Pages
BALANCE OF PAYMENT
Balance of payment yaitu suatu catatan sistematik dari transaksi perdagangan internasional suatu negara untuk periode satu tahun yang merangkum seluruh transaksi penduduk termasuk pemerintah dari suatu negara ke negara lain. untuk menyusun neraca pembayaran luar negeri atau neraca pembayaran internasional, perlu dibedakan antara transaksi debit dengan transaksi kredit.
1. Transaksi Debit adalah transaksi yang menimbulkan bertambahnya kewajiban bagi penduduk negara yang mempunyai neraca pembayaran tersebut untuk mengadakan pembayaran kepada penduduk negara lain.
2. Transaksi Kredit adalah transaksi yang menimbulkan bertambahnya hak bagi penduduk negara yang mempunyai neraca pembayaran tersebut untuk menerima
…show more content…
Berdasarkan Bop yang dilakukan maka diketahui bahwa neraca tersebut dibagi ke dalam beberapa transaksi ekonomi internasional. Secara garis besar transaksi ekonomi internasional suatu negara dapat dibedakan sebagai berikut: 1. Transaksi dagang (Trade account)
Transaksi dagang mencatat seluruh ekspor dan impor barang dan jasa. Apabila ini meliputi barang-barang yang berwujud atau nyata disebut sebagai transaksi dagang nyata, sebaliknya jika meliputi barang-barang yang tidak nyata atau transaksi jasa 2. Transaksi Pendapatan modal (income on investment)
Semua transaksi penerimaan hasil modal penduduk yang ditanam di luar negeri mereka, dan penerimaan pendapatan oleh penduduk negara lain yang menanam modalnya di dalam negeri kita 3. Transaksi-transaksi unilateral (Unilateral Transaction)
Transaksi unilateral, antara lain termasuk di dalamnya hadiah, bantuan, dan transfer unilateral. * Transaksi hadiah berbeda dengan transaksi lain. Transaksi ini tidak mengakibatkan timbulnya kewajiban bagi si penerima untuk membayar harga hadiah yang telah diterima tersebut. * Transaksi bantuan biasanya terjadi saat suatu negara mengalami bencana dan mendapat bantuan obat obatan makanan. * Transaksi transfer unilateral adalah pengimbang dari transaksi unilateral atau transaksi sepihak. Untuk mengimbangi transaksi sepeihak debet atau kredit, maka pos transfer akan menjadi debet dan kredit. 4. Transaksi Penanaman Modal Langsung ( Direct

Related Documents