Yolaaa Essay

1913 Words 8 Pages
1.1. LATAR BELAKANG KASUS Perusahaan Birch Paper adalah perusahaan kertas berskala menengah dimana terdiri dari empat divisi produksi dan Divisi Timberland yang memenuhi kebutuhan bahan baku kertas perusahaan. Hasil produksinya berupa kertas putih, kertas kerajinan dan papan kertas. Sebagian dari hasil papan kertasnya dijadikan bahan dasar kotak oleh Divisi Thompson yang kemudian dicetak dan diwarnai bagian luarnya. Setiap divisi dinilai secara independen berdasarkan laba dan tingkat pengembalian investasinya (ROI) dan memiliki kebijakan tanggung jawab dan kewenangan yang terdesentralisasi untuk semua keputusan kecuali yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan. Perusahaan percaya dalam beberapa tahun terakhir konsep …show more content…
Sekitar 70% dari pengeluaran Thompson $400 adalah untuk biaya papan dan alat pembengkok. Meskipun Divisi Southern beroperasi di bawah kapasitas dan memiliki persediaan lebih, ia tetap mengacu pada harga pasar dan tidak terpengaruh pada kelebihan pasokan. Biaya untuk papan dan alat pembengkok adalah 60% dari harga jual.
Manajer Divisi Northern membahas tawaran yang tidak biasa ini dengan wakil presiden komersial Birch Paper. Kenton, manajer Divisi Northern, pasti akan menerima tawaran terendah yaitu dari West Paper. Namun perusahaan melihat bahwa harga yang lebih tinggi dari divisi internal juga bisa menjadi solusi terbaik. Meskipun demikian, sangat mungkin bagi pihak manajemen untuk memerintah diterimanya tawaran yang lain, bila situasi memerlukan tindakan tersebut.
2.1 ANALISA HARGA PENAWARAN
Dari tiga penawaran pembuatan kotak yang diterima oleh Divisi Northern, akan dianalisa secara mendalam untuk menentukan tawaran mana yang lebih menguntungkan Perusahaan Birch Paper secara keseluruhan. Tawaran yang menguntungkan bagi perusahaan adalah tawaran yang biaya produksi atau cost paling rendah dari sudut pandang perusahaan secara keseluruhan.

2.1.1. Tawaran Divisi Thompson
Divisi Thompson membuat markup atas laba sebesar 20% dari total pengeluarannya sehingga harga jual menjadi 120% x $400 = $480. Tidak semua $400 pengeluaran divisi merupakan pengeluaran bagi perusahaan secara keseluruhan karena ada mengandung laba yang dikenakan oleh Southern pada

Related Documents