Essay on Politik Dalam Islam

1340 Words May 12th, 2013 6 Pages
Pengertian politik dan politik dalam islam

Kata politik di dalam bahasa Latin adalah Politicus dan dalam bahasa Yunani adalah politicos, arti dari kedua kata yang bermakna sama itu adalah sesuatu yang berhubungan dengan warga negara atau warga suatu kota kota. Kedua kata itu berasal dari kata polis maknanya kota. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989), pengertian politik sebagai kata benda ada tiga. Jika dikaitkan dengan ilmu artinya ; 1. pengetahuan mengenai kenegaraan (tentang sistem pemerintahan, dasar-dasar pemerintahan). 2. segala urusan dan tindakan (kebijaksanaan, siasat dan sebagainya)mengenai pemerintahan atau terhadap negara lain. 3. kebijakan, cara bertindak (dalam menghadapi atau menangani suatu masalah).
…show more content…
Dalam bahasa Indonesia, perkataan al-hukm yang telah-dialih bahasakan menjadi hukum intinya adalah peraturan, undang-undang, patokan atau kaidah, dan keputusan atau vonis pada pengadilan.
Politik Islam memiliki makna pengaturanurusan umat dengan aturan-aturan Islam (seperti yang telah dijelaskan di atas), baik di dalam maupun di luar negeri. Aktivitas politiknya dilaksanakan oleh rakyat (umat) dan pemerintah (negara). Disini pemerintah bertindak sebagai lembaga yang mengatur urusan rakyat secara praktis. Lalu umat mengontrol sekaligus mengoreksi pemerintah dalam melaksanakan tugasnya.

Tradisi Politik Jahiliyyah. Politik Islam adalah politik yang syar‟i. Ia merupakan politik yang berlandaskan konsepsi mendasar aqidah Islamiyyah, yaitu La Ilaha Illa Allah, keyakinan bahwa hanya Allah sajalah satu-satunya tempat memuja, memuji, memohon pertolongan, menyerahkan kepatuhan dan loyalitas total. Politik Islam pasti akan menghantarkan masyarakat untuk membentuk diri menjadi masyarakat Islam. Sedangkan politik jahiliyyah merupakan politik yang tidak syar‟i. Politik jahiliyyah akan menghasilkan tumbuhnya sebuah masyarakat jahiliyyah lengkap dengan suburnya eksistensi para thoghut di dalamnya. Politik seperti ini akan menyebabkan manusia sadar tidak sadar menghamba kepada sesama manusia.
Sebuah masyarakat Jahiliyyah berdiri di atas fondasi bahwa sesama

Related Documents