Docx Essay

3161 Words Dec 14th, 2015 13 Pages
PROSES PENELITIAN Pengamatan Bidang Masalah yang Luas, Pengumpulan Data Awal, Definisi Masalah

PROSES PENELITIAN UNTUK PENELITIAN TERAPAN DAN DASAR
Penyelidikan ilmiah dalam metode hipotesis-deduktif dapat dibahas terkait dengan dua aspeknya yang berbeda--proses (process) menyusun kerangka konseptual dan hipotesis untuk pengujian, dan desain (design), yang meliputi perencanaan studi aktual, berurusan dengan aspek tertentu seperti lokasi studi, pemilihan sampel, serta pengumpulan dan analisis data.

PENGAMATAN TERHADAP BIDANG MASALAH YANG LUAS
Identifikasi bidang masalah yang luas melalui proses pengamatan dan fokus pada situasi yang dibahas. Bidang masalah yang luas mengacu pada seluruh situasi dimana seseorang melihat sebuah
…show more content…
Sedangkan data yang dikumpulkan untuk penelitian dari tempat aktual terjadinya peristiwa melalui pengamatan atau penyebaran kuisioner disebut data primer.

Proses pengumpulan data awal yang diperoleh dari wawancara kepada responden baik dengan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur akan memberi pewawancara gagasan yang baik mengenai dinamika yang berlaku dalam sistem. Langkah selanjutnya setelah wawancara adalah menabulasi berbagai jenis informasi yang telah diperoleh selama wawancara dan menentukan bila ada pola dalam respon yang dapat dilihat.
Dari tabulasi yang menunjukkan variabel tertentu bagi peneliti maka langkah berikutnya, yaitu melakukan survei literatur yang merupakan satu cara untuk meringkaskan data sekunder dan adalah langkah penting dalam proses penelitian untuk mendefinisikan masalah penelitian. Survei literatur merupakan dokumentasi dari tinjauan menyeluruh terhadap karya publikasi dan nonpublikasi dari sumber sekunder dalam bidang minat khusus bagi peneliti.
Langkah pertama dalam proses tersebut meliputi pengidentifikasian berbagai bahan publikasi dan nonpublikasi yang relevan. Langkah kedua adalah pengumpulan informasi relevan baik melalui pencarian diperpustakaan maupun aksesnya ke sumber online. Langkah ketiga adalah menulis tinjauan literatur.

DEFINISI MASALAH
Setelah memperoleh data awal dari wawancara dan tinjauan literatur, proses selanjutnya adalah mempersempit masalah dari dasar yang

Related Documents