Analysis Of Pengertian Analisa Fundamental And Teknikal

5169 Words 21 Pages
Analisa Fundamental & Teknikal
Proyeksi Nilai Intrinsik Saham

Oleh:
Muliawan Santoso Tan/ 0711401017

Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
2014

Bab 1
Pendahuluan

Pengertian Analisa Fundamental dan Teknikal
…show more content…
Metode Fundamental

A. Valuasi Saham Biasa

Penilaian (valuation) adalah proses penentuan proses penentuan berapa harga yang wajar untuk suatu saham. Pendekatan nilai yang dipakai merupakan salah satu penentuan nilai intrinsik sekuritas, yang nilai sekuritas seharusnya berdasarkan fakta. Nilai ini adalah nilai sekarang dari arus kas yang disediakan untuk investor, didiskontokan pada tingkat pengembalian yang ditentukan sesuai dengan jumlah risk yang menyertainya. Nilai dari suatu surat berharga secara umum terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Nilai pasar, harga pasar pada saat aktiva diperdagangkan.
2. Nilai intrinsik, nilai sekuritas yang seharusnya dimiliki berdasarkan seluruh faktor penilaian.
Analisis saham bertujuan untuk menafsir nilai suatu saham dan kemudian membandingkannya dengan harga pasar saat ini (current market price). Nilai intrinsik (NI) menunjukkan present value arus kas yang diharapkan dari saham tersebut.
Pedoman yang digunakan adalah sebagai berikut:
a) NI < harga pasar saat ini: Undervalued (harga terlalu murah atau rendah)
b) NI > harga pasar saat ini: Overvalued (harga terlalu mahal atau tinggi)
c) NI = harga pasar saat ini: harganya
…show more content…
Dengan kata lain, saham preferen lebih diprioritaskan dibanding saham biasa.

2. Relative valuation techniques
Relative Valuation Techniques adalah sebuah pendekatan yang sering digunakan oleh praktisi sekuritas. Melalui pendekatan ini, analisis menggunakan PER dan PBV sebagai alat pembanding untuk melakukan penilaian saham tersebut. Melalui pendekatan ini juga analis berusaha untuk menghindari penilaian terhadap growth dan tingkat imbal hasil yang diharapkan, karena sering memberikan asumsi berbeda dari setiap analis.

3. Capital Asset Pricing Metod (CAPM)
Harga wajar (intrinsik value) asset finsial sama dengan nilai sekarang (presen value) arus kas dimasa mendatang yang didiskontokan dengan required rate of return atau discount rate. Tetapi menetapkan required rate of return tidaklah mudah. Kita sering kali tidak realistis menetapkannya. CAPM (Capital Asset Pricing Model) dapat digunakan untuk menentukan required rate of return dalam menilai saham biasa.
Pada metode CAPM requid rate of return atau nilai k ditentukan dengan rumus

Related Documents